Zoom Versi PC Punya Filter Wajah Lucu

242

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Aplikasi video telekonferensi Zoom ramai dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan selama masa pandemi seperti ini. Zoom kerap digunakan untuk melakukan pertemuan jarak jauh, seperti rapat urusan pekerjaan hingga belajar online.

Supaya kegiatan yang dilakukan secara online tersebut tidak kaku, pengguna bisa mengubah tampilan latar belakang video dengan gambar atau video unik lewat fitur bernama “Virtual Backgrounds”.

Selain fitur tersebut, Zoom juga memiliki fitur yang tergolong baru, yakni “Video Filters”.

Mengandalkan teknologi augmented reality ( AR), fitur ini memungkinkan pengguna memakai sederet filter wajah menarik dan lucu, sehingga suasana pertemuan virtual bisa lebih cair dan seru.

Aneka filter video yang tersedia di Zoom ini bisa dibilang mirip dengan beragam filter wajah AR yang tersedia di aplikasi media sosial populer seperti Line, Snapchat, Instagram, dan lain sebagainya.

Artinya, pengguna tidak bisa memakai filter wajah ketika mereka menggunakan Zoom versi mobile (Android/iOS). Meski demikian, ada kemungkinan fitur filter tersebut bakal ditambahkan ke aplikasi Zoom versi smartphone di kemudian hari. Sebab, fitur Virtual Backgrounds, yang sebelumnya hanya bisa dipakai di Zoom versi desktop, kini sudah bisa dipakai di aplikasi Zoom versi mobile teranyar. Lantas, bagaimana cara menggunakan filter wajah ketika rapat atau berdiskusi bersama teman melalui Zoom versi desktop?

Pertama-tama, pastikan Zoom yang terpasang di komputer pengguna merupakan versi terbaru. Apabila belum, pengguna bisa memperbarui atau mengunduhnya di tautan berikut. Setelah berhasil diunduh dan dipasang, jalankan aplikasi Zoom dan masuk menggunakan akun masing-masing.

Kemudian, buka menu pengaturan dengan meng-klik ikon “gir” yang terletak di pojok kanan atas aplikasi, tepat di bawah foto profil alias avatar pengguna. Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar di atas. Pada tampilan selanjutnya, pilih “Background & Filters” di deretan menu sebelah kiri dan pilih tab ” Video Filters” di tampilan di sebelah kanan.

Jika pengguna mengakses tab tersebut untuk pertama kalinya, maka mereka diwajibkan untuk mengunduh (download) sticker pack Zoom terlebih dahulu sebelum bisa memakai fitur filter wajah. Klik tombol “Download” di jendela pop-up yang muncul dan tunggu sampai proses pengunduhan rampung. (kcm/bas)