Warga Langkat Tangkap Buaya Ukuran Besar

84

Beritaindonesiasatu, Langkat – Seekor buaya ukuran dewasa dengan panjang lebih dari 2 meter ditangkap warga dari Sungai Sangga Lima, Desa Sangga Lima, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

“Buaya besar itu ditangkap warga setelah diberi umpan seekor bebek. Buaya itu sudah sering muncul di permukaan sungai di Sangga Lima,” ujar Kapolsek Gebang AKP R Sinaga.

Sinaga mengaku turun ke lokasi kejadian penangkapan buaya setelah mendapatkan laporan dari masyarakat. Setibanya di lokasi, pihaknya melihat buaya muara itu dalam kondisi sudah terikat tali.

“Kami akan berkoordinasi dengan petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) untuk mengevakuasi buaya tersebut. Saat ini, buaya itu masih ada di Desa Sangga Lima. Warga rutin menyiram tubuh buaya dengan air,” katanya.

Sinaga belum dapat memastikan buaya yang ditangkap warga itu sama dengan buaya yang sering muncul di Desa Pulau Banyak, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Buaya yang ditangkap warga di Sungai Sangga Lima, Langkat.

“Beberapa waktu lalu, kami juga mendapatkan laporan masyarakat atas kemunculan buaya di Desa Pulau Banyak. Sungai di sana masih satu aliran dengan Sungai Sangga Lima,” katanya.

Roby (45), salah seorang warga Sangga Lima menyampaikan, kemunculan buaya di sekitar sungai sudah meresahkan warga, khususnya yang tinggal di daerah pinggiran aliran sungai.

“Warga takut menjadi korban dimangsa buaya yang sering muncul itu. Kami tidak mengetahui jumlah buaya yang ada di sungai itu. Gara-gara kemunculan buaya ini membuat warga takut beraktivitas di sungai,” sebutnya.(bs/bas)