Wali Kota Medan Diminta Operasionalkan RSU Tipe C

73

BeritaIndonesiasatu.com,  Medan – Masyarakat Medan Utara menaruh harapan kepada Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution untuk segera mengoperasikan RSU Tipe C, Jalan KL Yos Sudarso, Simpang Seruwai, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

Pasalnya, rumah sakit pemerintah yang sudah rampung sejak awal tahun 2020 belum juga beroperasi. Harapannya, kehadiran rumah sakit tersebut nantinya mampu memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Demikianlah ditegaskan Tokoh Masyarakat Medan Utara, Awaluddin.

Diungkapkan pria akrab disapa Awel ini, dengan adanya rumah sakit Tipe C, merupakan langkah baik yang dilakukan pemerintah daerah untuk melakukan pemerataan pembangunan. Harapannya opersional rumah sakit tersebut agar segera dilaksanakan.

“Wali kota yang telah dilantik banyak melakukan terobosan ke lapangan. Kita berharap wali kota jangan lupa dengan RSU Tipe C, karena sampai saat ini belum beroperasi. Masyarakat sangat berharap agar Wali Kota Bobby segera mengoperasikan rumah sakit tersebut,” ungkapnya.

Dilansir waspadaonline, Selain memprioritaskan opersional RSU Tipe C, kata Awel, perlu diperhatikan terhadap pelayanan rumah sakit yang tidak hanya sebatas medis. Namun, perlu peningkatan pelayanan dari segi SDM dan peralatan teknologi yang berkualitas. Sehingga, apa yang diharapkan masyarakat untuk mewujudkan kualitas kesehatan yang baik dapat tercapai.

“Kita bersyukur, masyarakat Medan Utara tidak lagi jauh untuk berobat, kalau RSU Tipe C segera dioperasikan. Tapi, kita berharap fasilitas di rumah sakit itu harus canggih sesuai yang diharapkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan nantinya,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Tokoh Pemuda Medan Utara, Alfian MY. Saat ini, katanya, masyarakat sangat menanti – nanti pengoperasian RSU Tipe C tersebut. Sebab, sejak setahun rampungnya pembangunan rumah sakit itu. Masyarakat masih bertanya – tanya kapan difungsikan.

“Ini adalah cita – cita yang diinginkan masyarakat Medan Utara. Tapi, opersionalnya belum terlaksana, kita berharap wali kota yang baru mampu segara memfungsikan rumah sakit itu,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, HT Bahrumsyah telah mendesak Pemko Medan untuk segera mengoperasionalkan RSU Tipe C. Bahkan, dewan telah merealisasikan anggaran fasilitas kesehatan Rp 12 miliar dari anggaran yang diajukan sebesar Rp70 miliar.

“Harapannya, anggaran yang sudah dikeluarkan dapat mengoperasikan rumah sakit itu. Jadi kita minta tahun ini segera dilaksanakan,” pungkas Bahrumsyah.

Mengenai kekurangan anggaran untuk perlengkapan fasilitas kesehatan, kata wakil rakyat dari Medan Utara ini, dapat diselesaikan anggarannya di tahun depan. Untuk itu, ia mendesak agar operasional RSU Tipe C terlebih dahulu dilaksanakan.

“DPRD terus mendorong agar RSU Tipe C segera difungsikan. Karena ini aspirasi pokok pikiran kita (dewan) untuk kepentingan masyarakat demi kemajuan pembangunan di Medan Utara,” tegas Bahrumsyah. (bas)