Vihara Tertua di Jakarta Batasi Pengunjung saat Imlek 2021

70

BeritaIndonesiasatu, Jakarta– Vihara Dharma Bhakti, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat tetap dibuka selama perayaan Imlek hari ini Jumat (12/2). Tempat peribadatan menerapkan protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Pembina Vihara Dharma Bhakti Yusuf Hamka menyebut vihara dibuka mulai pukul 05.00 WIB sampai 18.00 WIB. Pengunjung dibatasi hanya 50 orang. Setiap orang harus menunggu untuk bergiliran masuk ke vihara.

“Kita terapkan protokol kesehatan. Ini kita batasi 50 orang naik. Kalau tahun lalu ini kayak cendol, penuh sekali dan asap penuh,” ucapnya saat ditemui di Vihara Dharma Bakti pada Jumat, (12/2).

Menurut Yusuf, pihak vihara juga menyediakan wastafel portabel untuk setiap pengunjung guna menekan penularan Covid-19.

“Tetap cuci tangan, pakai masker, kami sudah sediakan semua,” jelasnya.

Beberapa petugas keamanan juga ikut diturunkan untuk memantau dan menjaga penerapan protokol kesehatan.

“Tokoh masyarakat, dari aparat kepolisian, ormas juga ikut membantu,” jelasnya.

Dharma Sakti Demi Angpau Imlek
Namun dijelaskan Yusuf, perayaan Imlek 2021 tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ia menyebut tidak semua tradisi perayaan Imlek dilakukan.

“Kalau pelepasan burung mungkin masih boleh, tapi yang lain mungkin tidak ya,” kata Yusuf.

Umumnya, saat perayaan Imlek, Vihara Dharma Bhakti sering dikunjungi oleh tokoh-tokoh masyarakat dan pejabat tinggi. Namun, Imlek kali ini kemungkinan mereka tidak akan datang.

“Kami tidak tahu. Kalau dulu biasa pejabat tinggi datang karena ini vihara menjadi ikon tertua. Kami tidak begitu mengharapkan mereka hadir dalam keadaan pandemi, kami mengharapkan doa-doa dan restunya. Paling tidak pandemi ini selesai,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan sampai pukul 09.00 WIB ini para pengunjung masih mengantre untuk masuk vihara secara bergantian. Para petugas melakukan pengecekan suhu pada setiap pengunjung yang hendak masuk ke dalam vihara untuk beribadah.(cnn/bas)