Vaksin Corona Tak Bisa Langsung Disuntikkan, Ada Tahapannya

97

Beritaindonesiasatu, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, lokasi simulasi vaksinasi virus Corona (COVID-19). Jokowi bicara soal tahapan sebelum vaksin Corona bisa disuntikkan setelah masuk Indonesia.

“Kemudian, setelah vaksin masuk ke Indonesia, kita terima, itu masih ada lagi, tidak bisa langsung disuntikkan,” kata Jokowi di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Rabu (18/11/2020).

“Masih ada tahapan lagi di BPOM,” imbuhnya.

Jokowi didampingi Menkes Terawan Agus Putranto dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Menurut Jokowi, tahapan terkait vaksin Corona memakan waktu hingga tiga bulan

“Karena kita memerlukan emergency use authorization dari sana, sehingga tahapan itu memerlukan waktu mungkin antara kurang lebih tiga mingguan,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, usai vaksin Corona mendapatkan izin dari BPOM, baru bisa dilakukan vaksinasi. Jokowi ingin vaksinasi dilakukan sesuai kaidah ilmiah sehingga aman digunakan.

“Setelah mendapatkan izin dari BPOM, baru kita lakukan vaksinasi. Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmiah, ini juga saya sampaikan wajib diikuti,” ucap Jokowi.(dtc/bas)