Terendam 2 Meter, 20 Jiwa Dievakuasi Basarnas di Kompleks Dosen Duren Sawit

5

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Badan SAR Nasional atau Basarnas menerjunkan timnya untuk mengevakuasi warga di Kompleks Dosen IKIP di Duren Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu pagi tadi begitu banjir mencapai 2 meter. Evakuasi dilakukan karena kondisi banjir di lokasi tersebut sudah mencapai dua meter.

“Sebanyak 20 orang telah dievakuasi, rinciannya 4 lansia, ibu hamil 1 orang, anak-anak 2 orang, dan dewasa 13 orang,” ujar Kasubag Badan SAR Nasional (Basarnas) Yusuf Latif dalam keterangan tertulis, Sabtu, 20 Februari 2021.

Yusuf menjelaskan pihaknya dibantu tim relawan Baznas dan BSG masih terus melakukan pencarian kepada warga yang terjebak banjir di rumahnya di kawasan Duren Sawit. Proses evakuasi itu dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

“Ketinggian air sat ini relatif, mulai dari 50 hingga 200 sentimeter,” ujar Yusuf.

Sementara itu di wilayah lain, Sudin Damkar Jakarta Timur juga mengerahkan puluhan personelnya untuk mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Sampai siang ini, pihak Damkar telah mengevakuasi warga dari 20 titik banjir di Jakarta Timur.

Sejumlah warga berusaha menyelamatkan diri dari bencana banjir yang menerjang pemukiman penduduk di Kampung Baru I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 20 Februari 2021. Hujan deras yang terjadi sejak Jumat dinihari mengakibatkan beberapa wilayah di Jakarta terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah meminta masyarakat untuk mewaspadai banjir karena ketinggian air di beberapa pintu air mulai masuk ke status Siaga 3. TEMPO/Imam Sukamto

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprakirakan hujan akan terus mengguyur wilayah DKI Jakarta sepanjang hari ini Sabtu, 20 Februari 2021, yang artinya potensi banjir Jakarta.

Berdasarkan laman BMKG.go.id yang terpantau Sabtu dinihari, menyebutkan seluruh wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan, mulai hujan ringan hingga hujan lebat yang bisa memicu banjir.(tmp/bas)