Survei Indo Barometer: Mantu Jokowi Unggul Jauh dari Petahana

58

Beritaindonesia, Jakarta – Hasil survei Indo Barometer menyatakan elektabilitas pasangan calon Pilkada Kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman unggul atas Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyebut elektabilitas Bobby-Aulia mencapai 32 persen. Sementara pasangan petahana tak mampu menembus angka 10 persen.

“Elektabilitas pasangan Bobby-Aulia 32 Akhyar-Salman 9,8. Memang Bobby dan Akhyar berbagi keunggulan di beberapa aspek, walau Bobby relatif lebih dominan lebih banyak unggulnya,” kata Qodari dalam jumpa pers daring.

Meski sudah unggul jauh, Bobby-Aulia disebut belum aman. Sebab masih ada 27,8 persen responden merahasiakan pilihannya dan 27,3 persen belum menentukan pilihan.

Selain itu, kedua paslon dihadapkan pada realitas rendahnya minat warga Medan untuk mencoblos pada 9 Desember mendatang. Pada 2015 lalu, kata Qodari, hanya 25 persen warga yang ikut memilih.

“Karakter khusus di Medan, dekat sekali dengan Pilkada, tetapi yang merahasiakan jawaban dan belum memutuskan itu sangat besar. Saya menduga ini bisa jadi orang-orang tidak datang,” ucap Qodari.

Indo Barometer melakukan survei tersebut sepanjang 20-24 November. Survei dilakukan terhadap 400 responden di Kota Medan dengan wawancara tatap muka serta kuesioner.

Penarikan sampel survei dilakukan dengan multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, Roda Tiga Konsultan juga melakukan survei. Hasilnya, elektabilitas Akhyar-Salman unggul dari Bobby-Aulia.

Akhyar memiliki elektabilitas 53,1 persen, sementara Bobby-Aulia 37, persen. Survei dilakukan sepanjang 8-11 November dengan melibatkan 810 responden.(cnn/bas)