Status Rehab Millen Cyrus yang Positif Benzo Saat Razia

52

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Selebgram Millen Cyrus dinyatakan positif benzo setelah dites urine dalam razia polisi di sebuah kafe di kawasan Jakarta Selatan. Millen Cyrus saat itu bahkan statusnya masih rehab jalan atas kasus narkotika yang sebelumnya dia jalani. Selasa (2/3/2021)

Millen Cyrus bersama dua orang temannya terjaring razia polisi di Kafe Brotherhood, Jaksel, malam lalu. Millen Cyrus dan kedua temannya bersama pengunjung lainnya dites urine.

Hasilnya, Millen Cyrus dan kedua temannya dinyatakan benzo. Usut punya usut, Millen Cyrus memang mengonsumsi obat yang mengandung benzodiazephine dalam rangka rawat jalan di Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Selatan (BNNK Jaksel).

“Kita temukan tes urine hasilnya tiga orang positif psikotropika golongan empat, benzo. Ada MMP, AR, dan YP, salah satunya publik figur yang sekarang ada di belakang saya,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Millen Cyrus mengaku mengonsumsi obat-obatan tersebut sesuai resep dokter tempatnya direhabilitasi. Millen Cyrus mengaku mengonsumsi obat tersebut pada hari Kamis atau 3 hari sebelum terkena razia.

Dari hasil pemeriksaan kepada Millen Cyrus pun diketahui bahwa selebgram tersebut masih berstatus rehabilitasi atas kasus narkoba yang menjeratnya pada November 2020.

“Kita dalami yang bersangkutan konsumsi obat clozapine tablet 2 miligram, dia minum hari Kamis. Kita lakukan penangkapan hari Minggu pagi (dini hari). Hari Kamis mengkonsumsi dan masih positif. Setelah kita dalami yang bersangkutan memang rawat jalan di BNNK Jaksel,” terang Yusri.

Mylen Cyrus Dikembalikan ke BNNK

Polisi menjelaskan status Millen Cyrus masih menjalani rehabilitasi jalan di BNNK atas kasus narkoba terdahulu. Millen Cyrus masih harus kontrol di BNNK Jaksel.

“Dia sudah jalankan yang bersangkutan selama satu bulan dan masih wajib lapor dan masih kontrol wajib di sana,” ujar Yusri.

Atas dasar tersebut, polisi ‘melepas’ Millen Cyrus dan kedua temannya. Ketiganya kini diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jaksel.

“Sekarang kami akan koordinasi dengan BNNK Jaksel. Hari ini juga kami kirim ke BNNK Jaksel karena masih perawatan rehab dari BNNK Jaksel,” terang Yusri.

Alasan Millen Cyrus Konsumsi Obat

Dalam kesempatan yang sama, Millen Cyrus juga mengungkap alasannya mengonsumsi obat. Millen Cyrus mengaku mengonsumsi obat-obatan tersebut sesuai resep untuk mengatasi kecemasannya akibat depresi.

“Obatnya itu untuk kecemasan dan kemarin kan sempat depresi, dari BNN emang dikasih untuk mencegah kecemasan dan depresi aku,” ujar Millen Cyrus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Millen mengaku sempat depresi karena kasus narkoba yang sebelumnya menjerat dirinya.

“Dengan musibah yang kemarin terjadi kepada aku jadi aku banyak pikiran dan tekanan dan keluarga juga,” katanya.

Lebih lanjut, Millen Cyrus berpesan agar masyarakat menjauhi narkoba dan tempat hiburan malam.

“Pesan dari saya adalah jauhkan tempat hiburan malam, tetap ikuti protokol kesehatan dan jauhi narkoba dan jaga kesehatan selalu untuk semuanya,” tuturnya.

Penjelasan BNNK

Kepala BNNK Jaksel Dikdik Kusnadi mengatakan obat yang dikonsumsi Millen Cyrus memang berasal dari pihaknya. Dia menyebut obat itu untuk keperluan proses rehabilitasi Millen Cyrus itu sendiri.

“Saya sudah tanya Kasie Rehabilitasi saya itu obat untuk apa? Obat itu ternyata untuk menjaga mood-nya (Millen Cyrus),” ujar Kusnadi saat dihubungi detikcom, Senin (1/3/2021).

Kusnadi memastikan pemberian obat tersebut berdasarkan pengawasan pihaknya. Dosis obat juga sudah sesuai dengan arahan dokter yang menangani proses rehabilitasi Millen Cyrus.

“Menurut dokter kami di BNNK Jaksel sudah seperti itu (sesuai takaran),” terang Kusnadi.

Selain itu, Kusnadi beberapa obat legal juga mengandung kadar psikotropika jika dites urine. Untuk itu, dia menyebut resep dari dokter yang sah harus dikantongi masyarakat sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

“Ya ini edukasi untuk masyarakat kalau sakit sebaiknya minum obat-obat yang ada resep dokternya sehingga apabila terjadi sesuatu bisa tunjukkan buktinya. Itu pembelajarannya,” tuturnya.

Terkait keberadaan Millen Cyrus di tempat hiburan malam saat masih menjalani rehabilitasi, Kusnadi mengaku akan mengetatkan pengawasan kepada selebgram tersebut. Millen Cyrus juga akan diminta datang ke BNN.

“Yang bersangkutan dimintai untuk datang ke BNN. Ini salah satu monitoring yang bersangkutan harus datang ke BNN untuk terus dilakukan semacam assesment gitulah,” ucap Kusnadi.

Diketahui sebelumnya, Millen Cyrus pernah diamankan polisi karena terjerat kasus narkoba. Dia kemudian direhabilitasi di BNN.(dtc/bas)