Smartphone Samsung Sindir iPhone 12 karena Dijual Tanpa Charger

72

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Untuk kedua kalinya, Samsung menyindir smartphone keluaran terbaru Apple, yakni iPhone 12, karena ponsel tersebut dijual tanpa disertai charger dan earphone dalam kotak pembelian.

Dengan demikian, pengguna “dipaksa” untuk membeli kepala charger atau earphone secara terpisah. Hal itu lantas dimanfaatkan Samsung sebagai bahan sindiran untuk Apple.

Melalui akun Facebook resmi Samsung, vendor ponsel Korea Selatan itu mengunggah foto aksesoris charger dengan caption yang seolah menyindir iPhone 12.

“Produk Galaxy kami memberikan apa pun yang Anda butuhkan, mulai dari charger, kamera, baterai, kinerja, memori yang andal, bahkan layar smartphone dengan 120 Hz,” tulis Samsung dalam unggahannya.

Hingga berita ini ditayangkan, postingan yang pertama kali diunggah pada 14 Oktober 2020 itu telah disukai 106.000 kali. Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (16/10/2020) sore, unggahan Samsung tersebut turut menuai berbagai komentar dari warganet.

“Bayangkan jika ponsel tidak memiliki charger dan earphone,” tulis akun Mychael Jordan. “Tak sabar menunggu Samsung untuk memiliki produk seperti MagSafe secara tiba-tiba,” tulis akun Insaf Huwais.

“Ini alasan mengapa saya mencintai produk Samsung,” tulis akun DjJwonda Duke.

“Apakah mungkin, satu tahun kemudian Samsung juga akan melakukan hal yang sama?,” tulis akun Andrew Lee.

Dilansir kompas.com Samsung juga sempat mengutarakan sindirannya terkait tema “Hi, Speed” yang dipakai Apple dalam acara peluncuran iPhone 12. Akun Twitter resmi Samsung mengatakan mereka lebih dulu menghadirkan ponsel berbekal konektivitas tinggi 5G.

“Beberapa orang hanya menyapa dengan kata-kata “Hi, Speed”, kami sudah berteman lebih dulu dengan sebutan itu. Dapatkan perangkat Samsung Galaxy 5G Anda sekarang di tautan ini

Keputusan Apple untuk tidak menyertakan charger dan earphone dalam boks iPhone 12 bukanlah tanpa alasan. Apple sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

“Ini merupakan upaya kami untuk menjaga lingkungan. iPhone 12 tidak menyertakan adaptor daya atau EarPods. Silakan gunakan adaptor daya dan headphone Apple Anda yang saat ini masih terpakai, atau membeli aksesori tersebut secara terpisah,” ungkap pihak Apple.

Di samping itu, dengan tidak menyertakan kepala charger, kotak penjualan iPhone 12 juga bisa dirancang seramping mungkin, sehingga lebih ramah lingkungan. Sebab, kepala charger biasanya memiliki dimensi tebal dan memakan tempat. (kcm/bas)