Sidak Rapid Tes Antigen di Terminal Amplas, Petugas Temukan Warga Tanpa Surat Rapid

47

Beritaindonesiasatu, Medan – Dinas Perhubungan Sumatera Utara gelar inspeksi mendadak di terminal Amplas Medan, Puluhan penumpang mendapatkan pemeriksaan hasil rapid test antigen atau PCR Selasa (22/12/2020).

Sidak ini dilakukan dengan memeriksa satu persatu penumpang didalam bus yang masuk, dan meminta menunjukkan surat rapid test atau PCR. Dari hasil pemeriksaan terhadap penumpang bus terdapat beberapa warga yang tidak dapat menunjukkan surat.

Kepala Terminal Terpadu Amplas Edi M Manurung mengatkan pemeriksaan ini dilakukan untuk setiap penumpang bus yang masuk ke Sumut, sidak ini juga dilakukan berdasarkan surat edaran dari Gubernur Sumut.

Selain pemeriksaan surat rapid, petugas Dishub juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan kelengkapan dokumen rapid tes para penumpang. Lebih Edi menyampakan telah menemukan tiga kasus penumpang dengan kondisi suhu tubuh tinggi dan dipulangkan. Tiga penumpang tersebut disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui rapid antigen atau tes usap sebelum melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengeluarkan surat edaran bernomor 360/9626/2020 tentang persyaratan memiliki PCR atau rapid test antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri. (bas)