Seratus Rumah Terendam Banjir di Tapian Dolok Simalungun

67

Beritainonesiasatu, Simalungun, Lebih dari seratus rumah warga di Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Sumatera Utara  dilanda banjir,  ketinggian air mencapai 50 cm lebih. Banjir ini disebutkan paling parah dalam kurun waktu puluhan 20 tahun terakhir. Kamis (3/11/2020)

Banjir menerjang pemukiman warga di Desa Purba Sari ini terjadi  setelah hujan deras mengguyur Kabupaten Simalungun sejak Rabu sore. (2/11/2020)

Akibatnya banjir memasuki rumah-rumah warga dikawasan perkebunan karet dengan ketinggian 50 centi meter lebih. Banjir ini disebutkan paling parah sejah 20 tahun terakhir.

Warga menduga selain disebabkan hujan yang sangat deras faktor proyek pembangunan jalan tol  dinilai sebagai pemicu banjir karena air disebutkan tidak dapat mengalir ke sungai.

Akibat peristiwa ini beberapa rumah warga mengalami rusak berat diantaranya dinding dapur jebol, dan kerusakan ringan lainnya. Meski tak terdapat korban jiwa  namun warga yang terdampak banjir banyak kehilangan surat dan dokumen dokumen penting seperti ijazah sekolah , akte kelahiran dan lainnya.

Akibat banjir ini warga terpaksa bergotong royong membersihkan lokasi terdampak banjir. Pemerintah desa yang tiba dilokasi langsung mempersiapkan posko dan dapur umum. (bas)