Satgas Bencana Sinabung Patroli Warga di Kaki Gunung

58

Beritaindonesiasatu, Karo – Tim satuan tugas penanganan bencana gunung api Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara gelar patroli zona merah dilingkar kaki gunung.

Petugas tim gabungan terdiri dari TNI Polri BPBD dan Satpol PP Karo memberikan imbauan kepada masyarakat yang masih berada di zona merah untuk segera keluar. Hal ini dilakukan karena tingginya aktifitas gunung api Sinabung serta kubah lava yang sudah mencapai 4 juta meter kubik.

Petugas menuju lokasi Danau Lau Kawar salah satu destinasi wisata yang masuk dalam zona merah Sinabung, di lokasi petugas mendapati banyaknya pengunjung. Petugas kemudian memberikan peringatan dan imbauan kepada pengunjung untuk segera meninggalkan lokasi dikarenakan memasuki zona merah, dan juga aktifitas gunung api sinabung yang masih sangat tinggi.

“Kami mengimbau masyarakat agar sementara tidak berada di zona merah, baik dilokasi wisata ataupun pemukiman penduduk, karena ada potensi luncuran besar awan panas, ujar Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto

Aktifitas gunung api sinabung saat ini masih sangat tinggi begitu juga dengan kubah lava di puncak gunung yang semakin membesar hingga mencapai 4 juta meter kubik. Masyarakat diimbau untuk tidak memasuki zona merah seputaran gunung dalam radius 3 kilometer. Pada sektor selatan timur dengan radius 5 kilometer serta pada sektor timur utara dengan radius 4 kilometer. (bas)