Sandiaga dan Ridwan Kamil Buka Peluang Duet di Pilpres 2024

38

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tak menutup kemungkinan untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024 dan berpasangan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pernyataan itu ia sampaikan dalam kunjungan dinas ke Jawa Barat. Sandi mulai bicara politik usai ditanya para wartawan soal kans maju di pemilu mendatang. Selasa (23/2/2021).

“Karena ini kunjungan dinas ya, ramai orang jadi yang dibahas kedinasan, tidak membahas Pilpres. Bukan tidak mungkin, tapi tidak sekarang,” kata Sandi di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Sandi enggan bicara lebih jauh soal politik. Ia membahas agenda kementerian dalam kunjungan tersebut. Ia bicara soal membangkitkan ekonomi Jabar lewat sektor pariwisata.

Di kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga bicara senada soal peluang di Pilpres 2024. Ia tak menutup kemungkinan berpasangan dengan Sandi dalam pemilihan mendatang.

“Tidak ada yang tidak mungkin, tapi tadi kata Pak Sandi masih jauh. Kita fokus, saya menyelesaikan gubernur, Pak Sandi menyukseskan parekraf,” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil.

Nama Sandiaga dan Ridwan Kamil masuk jajaran kandidat potensial Pilpres 2024. Dalam survei Lembaga Survei Indonesia yang baru rilis hari ini, keduanya masuk daftar tujuh besar sosok dengan elektabilitas tertinggi.

Lebih rinci, melalui sistem top of mind responden, nama Presiden Joko Widodo jadi yang tertinggi dengan 18 persen. Top of mind responden soal calon presiden yang kedua, yakni Prabowo 12 persen dengan diikuti Anies Baswedan 5,7 persen, Ganjar Pranowo 3,5 persen, dan Sandiaga Uno 2,6 persen.

LSI kemudian melakukan survei semi terbuka, yaitu responden diberi daftar nama tanpa memasukkan Nama Jokowi tidak bisa mencalonkan lagi.

Pada simulasi semi-terbuka dengan menunjukkan daftar 29 nama dan responden boleh menyebutkan nama lain, Prabowo Subianto paling unggul dengan 22,5 persen, kemudian Ganjar Pranowo 10,6 persen, Anies Baswedan 10,2 persen, Ahok 7,2 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 6,9 persen, Tri Rismaharini 5,5 persen, Ridwan Kamil 5 persen, AHY 4,8 persen, sementara nama lain kurang dari 3 persen dan yang belum menjawab 10,4 persen.(cnn/bas)