Rekreasi Unik di Rumah Siwaluh Jabu

56

Beritaindonesiasatu.com, Medan – Jika biasanya rumah adat Siwaluh Jabu hanya bisa dilihat di Kabupaten Tanah Karo kini kita sudah dapat melihatnya di kota Medan . Rumah adat karo ini sengaja dipindahkan ke kota Medan untuk memelihara budaya Karo sebagai salah satu etnis yang ada di Sumatera Utara. Kamis (11/3/2021).

Rumah adat Siwaluh Jabu merupakan rumah etnik masyarakat suku Karo yang banyak dijumpai di sejumlah desa di kabupaten karo. Uniknya rumah adat ini dibangun tanpa menggunakan paku dan anti gempa.

Jika artikan dalam bahasa Karo Waluh artinya delapan dan Jabu artinya rumah. Sesuai namanya rumah ini biasanya ditempati oleh delapan keluarga. Meskipun dihuni oleh delapan keluarga uniknya ruangan di dalam rumah tidak memiliki sekat pembatas dimana pembatasnya di diatur menurut kebiasaan dan adat istiadat.

Didalam rumah adat ini tersedia empat tungku api yang berfungsi sebagai penghangat ruangan sekaligus menjadi area dapur untuk meracik makanan.

Sedangkan diluar rumah terdapat halaman luas yang diberi asesoris patung petani berkuda. Anda juga dapat beristirahat bangunan kantin yang ada di samping rumah adat.

Rencananya lokasi ini akan dikembangkan dengan berbagai tempat unik untuk rekreasi keluarga. Rumah adat ini dipindahkan dari Desa Pernantin Kabupaten Karo ke kota Medan. Sengaja dipindahkan untuk melestarikan mengedukasi dan memperkenalkan budaya Karo kepada masyarakat luas khususnya bagi generasi muda.Anda dapat melihat uniknya Siwaluh Jabu di Jalan Bunga Herba kota Medan. (bas)