Radio, Cara Baru Belajar dari Rumah, Gak Perlu Internet

54

Beritaindonesiasatu, Magelang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Radio Gemilang 96,8 FM meluncurkan pembelajaran jarak jauh melalui radio di tengah pandemi COVID-19.

“Meskipun di tengah masa pandemi COVID-19, semangat serta motivasi belajar bagi para peserta didik harus tetap menjadi prioritas,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin di Magelang, Senin 5 Oktober 2020.

Ia menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang hari ini mencoba alternatif lain melalui media elektronik, yakni radio untuk memberikan pembelajaran kepada anak didik.

Zaenal mengatakan dalam situasi darurat bencana, merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 72 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Layanan Khusus dan sesuai dengan Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), dalam situasi darurat pendidikan harus tetap berlangsung dengan akses dan layanan pendidikan dilaksanakan sesuai dengan kondisi.

Menurut dia, pembelajaran jarak jauh melalui siaran radio merupakan salah satu alternatif untuk membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas saat mengalami keterbatasan jaringan internet.

Pembelajaran melalui radio diharapkan dapat dengan mudah dijangkau masyarakat karena tidak bergantung pada kuota internet. Di samping itu, pembelajaran melalui radio dapat mengembangkan kreativitas pendidik dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran melalui radio ini untuk anak PAUD, SD, dan SMP. Pembelajaran untuk PAUD dan SD dilaksanakan pada pagi hari, yaitu pukul 07.00-08.00 WIB, pembelajaran untuk siswa SMP dilaksanakan pada siang hari, pukul 11.00-12.00 WIB selama Senin sampai dengan Sabtu.

Penyaji materi pembelajaran adalah guru PAUD yang tergabung dalam pusat kegiatan gugus (PKG), guru SD yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG), dan guru SMP yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP),” katanya.

Guna meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang telah mengadakan pelatihan pembelajaran daring dengan Microsoft Teams bagi 400 guru PAUD, 600 guru SD, dan 700 guru SMP..

Bunda PAUD Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin mengatakan di tengah pandemi COVID-19 para orang tua, guru, serta murid harus mampu meningkatkan komunikasi dengan baik, sekalipun dilakukan dalam jarak jauh.

Untuk pembelajaran bagi siswa PAUD, para guru dituntut harus lebih kreatif agar para siswa tidak bosan. Sementara bagi para ibu rumah tangga dituntut agar lebih sabar dalam mengarahkan dan membimbing anak-anaknya yang melakukan kegiatan belajar dari rumah,” katanya. (viva/ba)