Presiden Targetkan PP-Perpres UU Ciptaker Rampung 3 Bulan

66

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Undang-Undang (UU) Cipta Kerja disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Pemerintah pun segera mengeluarkan aturan turunan untuk pelaksanaanya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, untuk pelaksanaannya segera dikeluarkan beberapa aturan turunan. Aturan turunan bisa berupa Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Presiden (PP).

Saya perlu tegaskan pula Undang-Undang cipta kerja ini memerlukan banyak sekali peraturan pemerintah atau PP dan peraturan presiden atau Perpres,” ujarnya dalam acara konferensi pers secara virtual, Jumat (9/10/2020).

Nantinya, aturan tersebut ditargetkan bisa keluar paling lambat 3 bulan setelah diundangkan. Dalam aturan tersebut nantinya akan mengatur detail mekanisme pelaksanaannya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Setelah ini akan muncul PP dan Perpres yang akan kita selesaikan paling lambat 3 bulan setelah diundangkan,” ucapnya.

Dalam penyusunan aturan turunan ini, pemerintah akan menerima masukan dari berbagai pihak. Termasuk juga dari masyarakat serta pemerintah daerah (Pemda).

“Kita pemerintah membuka dan mengundang masukan masukan dari masyarakat dan masih terbuka usulan-usulan dan masukan dari daerah-daerah,” jelasnya. (okz/bas)