Pratu Firdaus Korban Penembakan di Papua, Pratu Firdaus Dimakamkan, Pangkatnya Dinaikkan

49

Beritaindonesiasatu, Kebumen- Jenazah Pratu Firdaus Kurniawan Nugroho (24) dimakamkan di kampung halamannya di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Isak tangis keluarga, kerabat dan teman mengiringi jenazah prajurit yang kini naik pangkat menjadi Praka Anumerta ke tempat peristirahatan terakhir.

Setelah disemayamkan dan disalatkan di rumah duka di Gang Sindoro IV RT 005/ RW 005 Kelurahan Gombong, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jenazah Praka Anumerta Firdaus Kurniawan Nugraha dimakamkan secara militer di pemakaman Kawo kelurahan setempat pada Minggu (8/11/2020) siang.

Upacara pemakaman secara militer dipimpin langsung oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawiranegara Matondang. Dalam prosesi itu, Dandim juga membacakan Skep kenaikan pangkat almarhum dari Pratu menjadi Praka Anumerta.

“Berdasar Kep Nomor 886/II/2020 tanggal 7 November 2020 tentang kenaikan pangkat luarbiasa anumerta selain perang. Kepada Firdaus Kurniawan Nugroho diberikan kenaikan tingkat lebih tinggi dari Pratu ke Praka tertanggal 7 November 2020,” kata Dandim.

Kepergian untuk selama-lamanya anak ke-3 dari 4 bersaudara pasangan Suwarji (60) dan Rusmini (52) itu membuat keluarha sangat kehilangan. Almarhum masih melajang hingga meninggal dan memiliki saudara kembar bernama Serda Firdaus Kurniawan Widodo yang merupakan TNI AL.

“Ya kami sangat kehilangan, tapi kami iklas semoga anak kami diterima di sisi-NYA dan di Papua tetap aman, yang bertugas di sana di beri keselamatan semua. Firdaus ini juga punya saudara kembar yang juga TNI tapi angkatan laut,” kata ayah korban, Suwarji (60) saat ditemui detikcom usai pemakaman.

Saudara kembar almarhum, Serda Firdaus Kurniawan Widodo, juga memberikan tanggapan. “Sesama prajurit TNI, saya akan melanjutkan perjuangan adik,” ucap Serda Firdaus Kurniawan Widodo.

Firdaus gugur dalam kontak tembak antara aparat dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Jumat (6/11). (dtc/baS)