Positif COVID-19 Anis Bisa Memimpin dari Manapun

43

Beritaindonesiasatu, Jakarta- Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko meyakini Gubernur DKI Anies Baswedan masih bisa memimpin lewat akses komunikasi. Moeldoko menepis kemungkinan rencana peralihan sementara kepemimpinan DKI Jakarta.

Sebelumnya, Anies dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19. keduanya pun menjalankan isolasi mandiri. Kepemimpinan di DKI pun dipertanyakan.

“Dengan adanya akses komunikasi yang sekarang ada, saya pikir seorang panglima, seorang gubernur bisa memimpin dari manapun,” kata Moeldoko dalam rekaman suara yang dibagikan pihak KSP kepada wartawan, Selasa (1/12).

Ia mengatakan pemerintah pusat akan terus mengevaluasi perkembangan kondisi pemerintahan di Pemprov DKI.

“Nanti pasti akan dilihat efektivitasnya. Menurut saya sih sementara masih bisa berjalan dengan baik,” tutur mantan Panglima TNI itu.

Diketahui, Anies mengumumkan dirinya terinfeksi virus corona berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari. Ahmad Riza Patria alias Ariza lebih dulu mengumumkan statusnya pada Minggu (29/11).

Namun demikian, Anies memastikan proses pengambilan kebijakan Pemprov DKI tidak akan terganggu. Ia mengatakan tetap memimpin rapat-rapat secara virtual selama menjalani isolasi mandiri.

“Saya akan tetap bekerja dari rumah secara virtual, memimpin rapat secara virtual,” kata Anies.

Doa untuk Anies juga mengalir dari kepala daerah lainnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan dukungan moril kepada Anies untuk cepat pulih.

“Saya mendoakan semoga lekas pulih dan memimpin lagi secara maksimal. Saya juga doakan Pak Wagub-nya, Pak Riza, dan Said Aqil (Ketua PBNU) dan tokoh publik lainnya yang memang dalam minggu ini mengumumkan [status Covid] secara terbuka,” kata RK, yang karib disapa Emil itu, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/12).

Emil juga mengapresiasi semua tokoh publik yang mengumumkan secara terbuka status Covid-19-nya tersebut.(cnn/bas)