Polisi Imbau Warga Rayakan Imlek di Rumah

42

Beritaindonesiasatu.com Medan – Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Timur mengumpulkan seluruh pengurus vihara melaksanakan koordinasi jelang Perayaan Imlek 2572, Sabtu (6/2) pagi.

Bertempat di ruangan kerja Kapolsek Medan Kompol M Arifin, sebanyak tujuh pengurus masing-masing vihara yang menghadiri rapat koordinasi itu sepakat pelaksanaan ibadah imlek menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kapolsek Medan Timur, Kompol M Arifin, mengatakan digelarnya rapat koordinasi dengan para pengurus vihara yang berada di wilayah hukum Polsek Medan Timur bertujuan menciptakan situasi kamtibmas selama Perayaan Imlek 2021 berjalan aman dan kondusif.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh pengurus vihara untuk menambah kekuatan yang nantinya bertugas melakukan pemantauan saat jemaat melaksanakan ibadah sehingga penerapan aturan prokes berjalan baik. Sebab, Perayaan Imlek masih dalam situasi penyebaran pandemi Covid-19,” katanya didampingi Waka Polsek Medan Timur Iptu Edisman Purba dan Kanit Binmas Riswanto.

Arifin juga berpesan sebaiknya pengurus vihara saat pelaksanaan ibadah Imlek juga membuat siaran online atau virtual guna mengantisipasi terjadi kerumunan.

Namun begitu, mantan Kasi Propam Polrestabes Medan ini tidak melarang Umat Buddha untuk datang beribadah ke vihara merayakan Imlek tetapi diingatkan kepada seluruh pengurus bisa mengatur jarak tempat ibadah agar tidak terjadi timbulnya klaster baru Covid-19.

“Langkah ini kita lakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada Umat Buddha sehingga khusuk dan tetap sehat saat menjalankan ibadah Imlek walaupun di tengah pandemi,” ungkapnya.

Sementara itu, Waka Polsek Medan Timur, Iptu Edisman Purba, menambahkan sekaligus meminta kepada seluruh pengurus vihara menyediakan tempat cuci tangan serta alat pengecek suhu tubuh (termogan).

“Dengan penerapan protokol kesehatan saat Perayaan Imlek turut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19,” terangnya.

Usai mendengar arahan koordinasi Perayaan Imlek itu, Herry Wiyanto selaku Pengurus Vihara Satya Buddha Purnama, mendukung penuh rapat kordinasi yang digelar Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19 saat perayaan Imlek.

“Selama pandemi Vihara Satya Buddha Purnama telah menerapkan prokes dengan sistem pelaksanaan ibadah secara virtual mengantisipasi terjadi kerumunan,” pungkasnya.

” Kami sangat mengapresiasi dan mendukung rapat kordinasi yang diprakarsai Kapolsek Medan Timur” (Re)