Pilkada, Polda Sumut Berangkatkan 713 Personel ke Pulau Nias

51

Beritaindonesiasatu, Medan – Dinilai rawan akan kerusuhan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, Polda Sumut berangkatkan 713 personel untuk pengamanan. Ssabtu (5/12/2020).

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan polri tidak ingin adanya gesekan terjadi di masyarakat, saat berbeda pilihan. sehingga ia berharap masyarakat cerdas dalam menentukan pilihan dan tidak terpancing berita bohong.

Kepada personel diharpkan agar netral dan tidak berpihak kepada siapapun pasangan calon bupati dan wali kota. Ia juga meminta kepada jajaran tidak terlibat dukung mendukung, apalagi sampai berfoto dengan pasangan calon. Jika ketahuan, akan ada sanksi tegas.

Polda Sumut mencatat ada sebanyak 21.000 Tempat Pemilihan Suara (TPS), tersebar di 23 kabupaten/kota. Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, keempat daerah tersebut, yakni Kepulauan Nias, Kota Medan, Tapanuli Selatan dan Humbang Hasundutan (Humbahas).

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut Polda juga menjalani kerjasama dengan Kodam I/BB. Di mana, tujuannya untuk mengamankan seluruh lokasi yang dianggap rawan kerusuhan.(bas)