Pebisnis Singapura Incar TMII, Museum Soeharto di Ujung Tanduk

14

Beritaindonesiasatu.com, Jakarta – Perusahaan Singapura, Mitora Pte Ktd, gugat 5 anak Presiden Soeharto Rp 584 miliar ke PN Jaksel. Museum Purna Bhakti Pertiwi (MPBP) di TMII juga diminta disita. Rabu (7/4/2021).

Museum Purna Bhakti Pertiwi diminta disita setelah perusahaan asal Singapura, Mitora Pte Ktd, menggugat 5 anak Presiden Soeharto senilai Rp 584 miliar ke PN Jaksel.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai hari ini diambil negara dari Yayasan Harapan Kita karena TMII merupakan aset negara. Mensesneg Pratikno menyatakan pengambilalihan itu karena mendapat rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Berdasarkan data yang dikutip dari tamanmini.com, Rabu (7/4/2021), gagasan TMII dicetuskan oleh istri Soeharto, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di rumahnya di Jalan Cendana No 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Ide itu muncul sepulangnya Ibu Tien dari Disneyland Amerika Serikat dan Timland, Thailand. (dtc/bas)