Pasca Insiden PFI, Petamburan Dijaga Laskar

37

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Laskar Pembela Islam (LPI), lembaga sayap FPI, menjaga daerah Petamburan, Jakarta Pusat, setelah insiden bentrok terjadi antara pengawal Rizieq Shihab dengan aparat kepolisian di Tol Jakarta-Cikampek.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (8/12), belasan pria berseragam putih-putih dengan atribut LPI itu berjaga tepat di Jalan Petamburan III, gang masuk menuju Markas FPI dan Kediaman Rizieq Shihab.

Namun demikian, Jalan Petamburan III masih bisa dilalui kendaraan. Para laskar hanya berjaga-jaga memantau bila ada kendaraan yang memasuki jalan tersebut. Sementara itu, awak media dilarang mengambil gambar di daerah tersebut.

Diketahui, sebelumnya terjadi bentrok antara pengawal Rizieq Shihab dengan aparat kepolisian di Tol Cikampek, dini hari.

Pada peristiwa itu, enam orang pengawal Rizieq tewas. Sedangkan empat orang lainnya belum diketahui keberadaannya.

Baik polisi dan FPI, masing-masing menyampaikan kronologi terkait bentrokan itu berdasarkan versi mereka.

Pihak kepolisian menyebut bentrok terjadi lantaran mobil aparat dipepet lalu diserang ketika tengah melakukan penyelidikan.

Sedangkan pihak FPI menyatakan bentrok bermula karena kelompok laskar pengawal mendapat serangan dari orang tak dikenal di tengah tugas mengawal Rizieq.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun telah membentuk tim untuk mendalami berbagai macam informasi seputar insiden yang menewaskan enam orang itu.

“Komnas HAM melalui [Bidang] Pemantuan dan Penyelidikan telah membuat tim. Saat ini sedang mendalami informasi untuk memperdalam berbagai informasi yg beredar di publik,” kata Komisioner Komnas HAM Bidang Pemantauan atau Penyelidikan, Choirul Anam, (cnn/bas)