Operasi Yustisi, Polsek Medan Timur Bawa Peti Mati

59

Beritaindonesiasatu Medan– Sejumlah warga yang kedapatan tidak memakai masker diberi sanksi melihat jasad korban Covid-19 di peti dalam bentuk replika. Hal itu dilakukan saat personil Polsek Medan Timur melakukan sosialisasi protokol kesehatan di Pasar Cahaya Jalan HM Said Medan, Jumat (25/9/2020).

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin melalui Waka Polsek Iptu Edisman Purba menyebutkan saat sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu, pihaknya masih banyak mendapatkan warga yang tidak memakai masker. “Ada beberapa warga yang tidak pakai masker,” terangnya didampingi Kanit intel Polsek Medan Timur Iptu Handel Sembiring.

Petugas pun memberikan sanksi terhadap warga yang tidak memakai masker itu dengan cara melihat jasad korban Covid-19 dalam peti yang sudah direplika. “Jadi kita sengaja membawa peti berisi jasad korban Covid-19 yang direplika. Kemudian kita menyuruh warga itu untuk melihat bentuk korban Covid,” jelas dia.

Dia menyebutkan, tujuan memperlihatkan jasad korban virus corona yang sudah direplika itu, agar masyarakat mengetahui tentang bahayanya virus tersebut. “Biar tahu bahaya Covid itu seperti apa. Ya seperti jasad yang kita replika itu bahayanya,” ucapnya.

Menurut dia, replika peti dan juga jasad korban corona itu juga dapat mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Supaya tidak mau jadi seperti replika itu, ya gunakan masker dan juga ini bisa memotifasi masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan,” terangnya.

Dalam sosialisasi itu, personil kepolisian memberikan imbauan protokol kesehatan dengan alat pengeras suara. Kemudian, polisi membagikan masker kepada warga yang tidak memakai. (Koklai)