Operasi KKB, Brimob Kirim Enam Polwan ke Papua

83

Beritaindonesiasatu.com, Jakarta -Korps Brigade Mobil (Brimob) mengirim enam polisi wanita (polwan) ke Papua untuk menjalankan misi operasi Satgas Nemangkawi. Mereka akan bertugas menjaga keamanan Bumi Cenderawasih dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) alias OPM.

“Ada juga beberapa Polwan kita yang berangkat ke Papua. Polwan kita adalah Polwan Brimob,” kata Komandan Korps Brimob, Inspektur Jenderal Anang Revandoko, Jumat (5/3).

Anang mengatakan enam polwan tersebut akan dilatih dan diuji ketangguhannya selama bertugas di wilayah paling timur Indonesia tersebut. Penugasan yang diberikan Polri merupakan tanggung jawab kepada negara.

“Jangan kita hanya dibilang orang luar sana, bahwa kita polwan hanya karena kita perempuan, kita tidak bisa,” ujarnya.

Jenderal bintang dua itu berharap para polwan itu mampu beradaptasi dalam melihat situasi dan kondisi yang terjadi. Ia berharap para polwan itu bisa kembali ke Jakarta secara lengkap.

“Harapan saya, kita berangkat lengkap, pulang lengkap dengan hasil yang terbaik untuk bangsa dan negara,” katanya.

Sebagai informasi, Satgas Nemangkawi merupakan tim gabungan TNI-Polri yang bertugas mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) alias OPM di Papua.

Satgas tersebut kerap terlibat dalam baku tembak dengan KKB. Dalam beberapa waktu terakhir, kontak senjata intens terjadi di wilayah Intan Jaya dan Tembagapura.(cnn/bas)