Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Marelan Diresmikan, Warga Gampang Cetak Adminduk Sendiri

72

Beritaindonesiasatu, Medan – Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan di Kantor Camat Medan Marelan resmi bisa digunakan oleh masyarakat pada Kamis (14/1/2021).

Mesin yang melayani pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri ini diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan bersama Camat Medan Marelan.

Di lokasi kini mesin ADM ditempatkan di satu ruangan khusus yang terletak di halaman Kantor Camat Medan Marelan.

Dalam acara peresmian tampak hadir beberapa warga sekaligus menggunakan mesin ADM untuk pertama kali.

Kepala Disdukcapil Kota Medan, Zulkarnain mengatakan pengadaan mesin ADM merupakan bagian dari slogan “Disdukcapil Go Digital” yang digalakkan pada tahun 2021.

Dengan adanya mesin ini, kata dia, seluruh kesulitan birokrasi dalam kepengurusan adminduk yang selama ini menjadi persepsi masyarakat bisa diminimalisir.

“Seluruh pelayanan adminduk kita upayakan tahun ini sudah berbentuk digitalisasi pelayanan. Ini untuk menindaklanjuti keluhan publik yang selama ini disampaikan kepada kita untuk bisa mendorong sebuah pelayanan yang tidak menyulitkan,” ujar Zulkarnain saat ditemui usai acara peresmian di Kantor Camat Medan Marelan, Jalan Kapten Rahmad Budin, Kamis (14/1/2021).

Dikatakannya, dengan peningkatan layanan berbasis digital, pihaknya berharap keluhan masyarakat akan rumitnya pengurusan dokumen kependudukan dapat teratasi.

“Komitmen ini ada pada segenap jajaran Disdukcapil Kota Medan untuk mengurangi keluhan publik. Walaupun tidak semua keluhan publik bisa diakomodir, tapi dengan peningkatan pelayanan. Harapan kita masyarakat bisa mendapatkan dokumen kependudukan dengan cara yang paling mudah dan sederhana,” ucapnya.

Ia mengaku hingga hari ini masih banyak masyarakat yang mengeluhkan kesulitan dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan.

Namun, dari keseluruhan keluhan, kata dia, hampir semuanya disebabkan oleh ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

“Tantangan pelayanan adminduk itu karena persepsi di masyarakat bahwa pelayanannya masih sulit dan berbelit-belit. Padahal kita sudah berusaha untuk menyederhanakan nya. Salah satunya dengan mesin ADM ini,” kata dia.

Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus mengatakan ke depan, dengan adanya mesin ADM ini jumlah warga yang antre dalam mengurus dokumen adminduk.

“Kmi sangat senang dengan adanya mesin ADM ini bisa membantu warga kami tidak terlalu lama ngantre dan nanti kita atur jam nya,” ucapnya.

Ia menuturkan bahwa dengan adanya mesin ADM ini nantinya bisa memangkas birokrasi yang ada. Serta, kata dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan giat agar masyarakat Medan Marelan bisa menggunakan mesin ADM.

“Ini juga upaya dalam memotong birokrasi, silakan ini melalui pak Kepling dan pak lurah untuk mensosialisasikan mesin ini. Dan ini dapat membantu agar warga kami dapat terlayani dengan baik dan cepat,” pungkasnya.(trb/bas)