Malam Pergantian Tahun, Kawasan Lembang Sepi Wisatawan

48

Beritaindonesiasatu, Bandung Barat – Arus lalulintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat terlihat lengang jelang malam pergantian tahun. Padahal biasanya kawasan Lembang selalu diserbu warga untuk merayakan moment pergantian tahun.

Berdasarkan pantauan detikcom pada Kamis (31/12/2020), ruas Jalan Raya Lembang dari Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya ramai lancar. Tak ada penumpukan kendaraan di pintu masuk objek wisata yang biasa jadi simpul kemacetan.

“Untuk arus lalulintas lancar dan lengang, tidak ada peningkatan volume kendaraan. Ini seperti hari biasa saja,” ungkap KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah kepada detikcom.

Erin mengatakan puncak kedatangan wisatawan pada libur tahun baru seharusnya sudah terjadi, sebab perayaan pergantian tahun baru tinggal beberapa jam lagi.

“Puncak kedatangan wisatawan hari ini, seharusnya kalau normal dari kemarin sudah padat. Tapi seperti bisa dilihat, kondisi lalulintas justru sangat lancar,” ujarnya.

Menurut Erin, faktor yang menyebabkan turunnya kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Lembang karena pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan arahan pemerintah untuk diam di rumah.

“Wisatawan masih banyak yang takut untuk berwisata karena pandemi. Ditambah kan ada syarat wajib bawa hasil rapid test antigen,” tuturnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sendiri telah menerbitkan surat edaran pelarangan merayakan pergantian tahun baru secara berlebihan. Jika terjadi kerumunan maka akan langsung dibubarkan.

“Kita sudah keluarkan edaran tidak boleh berkerumun saat merayakan pergantian tahun baru. Kalau ada akan kita bubarkan,” kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.(dtc/bas)