Longsor Simalungun akan Dibenahi 2 Pekan

37

Beritaindonesiasatu, Simalungun – Pasca longsor puluhan rumah di Simalungun Bupati langsung meninjau lokasi di Desa Bayu Muslimin yang terkena bencana longsor hingga mengakibatkan empat puluh dua rumah rusak. Senin (30/11/2020)

Pemerintah menyerahkan bantuan empat ratus juta rupiah untuk perbaikan rumah yang rusak dan diharapkan selesai dalam lima belas hari.

Bupati Simalungun JR Saragih bersama para pejabat mendatangi Desa Bayu yang dalam dua hari dihantam bencana longsor dan menyebabkan empat puluh dua rumah warga rusak. Dua puluh empat rumah rusak berat diantarnya empat rumah yang rata tertimbun material longsor.

Rumah yang rusak berat sementara ini tidak bisa ditempati sehingga penghuni harus mengungsi ke rumah tetangganya. Atas nama pemerintah Kabupaten Simalungun Bupati kemudian menyerahkan bantuan senilai empat ratus juta rupiah untuk perbaikan rumah yang rusak.

Secara pribadi ia juga membantu senilai tiga puluh juta rupiah untuk dipergunakan warga membeli sandang dan pangan. ia meminta kepada pihak pemerintah Kecamatan. TNI Polri untuk bergotong royong.

“Proses perbaikan selesai lima belas hari kedepan dan bisa kembali ditempati oleh warga, selain bantuan tunai kita juga meminta kepada Dinas Sosial untuk membuka dapur umum di posko yang tersedia,” ujarnya.

Kepada warga Bupati meminta untuk tidak menebang pohon agar tidak terulang kembali bencana longsor. (bas)