Kubah Lava Sinabung Membesar, Potensi Erupsi dan Awan Panas

33

Beritaindonesiasatu, Karo – Pertumbuhan kubah lava gunung api Sinabung berpotensi meluncurkan awan panas dan erupsi besar, kubah lava dengan ukuran 3 juta meter kubik lebih dinilai cukup berbahaya. Kamis (31/12/2020)

“Aktivitas gunung api Sinabung masih kini masih berada pada level 3 siaga potensi awan panas dan erupsi masih cukup tinggi apalagi  pertumbuhan kuba lava kini sudah mencapai 3 juta meter kubik lebih,” ujar Armen Putra Pemantau Gunung Sinabung.

Gumpalan kuba lava berwarna hitam pekat terlihat jelas dipuncak gunung sehingga membuat petugas Pusat Vulkanologi  Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sinabung memprediksi kubah lava akan jatuh dan cukup berbahaya.

Kondisi ini juga cukup berbahaya karena banyaknya gempa guguran yang menimbulkan pertumbuhan kuba lava dan sewaktu waktu dapat jatuh dan mengakibatkan awan panas guguran yang cukup besar

Tim pemantau gunung Sinabung mengimbau masyarakat untuk tidak memasuki zona merah kemudian warga juga diminta waspada apabila berada di bantaran sungai yang berhulu dari puncak gunung api sinabung.(bas)