Korban Banjir Ditawari Rumah Apartemen dan Rusun Pemerintah

60

Beritaindoesiasatu, Medan – Korban banjir mendapat opsi penawaran dari pemerintah untuk tinggal di Apartemen dan rumah susun. Pernyataan ini disampaikan Menteri PUPR Basuki Hdimuljono saat meninjau tanggul Sungai Belawan yang jebol di perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat Deliserdang Sumatera Utara. Senin (7/12/2020)

Sementara untuk normalisasi sungai Basuki menyampaikan warga yang tinggal di bantaran sungai untuk sementara dapat tinggal di rusun atau apartemen yang disiapkan pemerintah.

Bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Basuki juga meyampaikan berdasarkan hasil kajian , nantinya kementrian PUPR akan melakukan pengerukan dasar sungai  agar arus tidak terlalu deras sehingga tidak menghantam kiri kanan tebing.

Selain itu pemerintah juga akan memperbaiki sungai dengan membangun groundsill atau dam pengendali dasar sungai, di hilir Sungai Belawan untuk mengantisipasi hujan deras terjadi dalam waktu dekat. Uuntuk jangka panjang normalisasi sungai Pemerintah meminta pada warga yang tinggal di bantaran sungai untuk mau pindah dan tinggal di rumah susun atau apartemen yang akan disiapkan oleh pemerintah.

Penyebab banjir disebutkan bukan karena hanya faktorsungai sendiri namun masyarakat yang tinggal cukup dekat dengan palung dan bantaran sungai. Sehingga dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakatnya untuk meminimalisir dampak banjir. (bas)