Kerangka Manusia Ditemukan di Lereng Gunung Merapi

22

Beritaindonesiasatu.com, Yogyakarta – Sesosok kerangka manusia ditemukan oleh abdi dalem Keraton Yogyakarta peserta kirab Labuhan Merapi di Bukit Kendil, lereng Gunung Merapi, Sleman, Selasa (16/3/2021).

Riris Prihatin, salah seorang anggota SAR yang mendampingi para abdi dalem menuju hingga kembali dari Bangsal Sri Manganti mengatakan, kerangka manusia itu ditemukan seusai jalannya proses Labuhan Merapi. Penemuan itu sekitar pukul 09.50 WIB kemarin.

Kala itu dirinya bersama dua anggota SAR tengah mengawal abdi dalem ke Pos II atau Pos Rudal untuk mengambil oleh-oleh dari alam, bagian dari prosesi labuhan.

Setelahnya, para abdi dalem dan anggota SAR kembali ke atas lereng mencari oleh-oleh dari alam. Kali ini, lokasinya di Bukit Kendil.

Kurang lebih 200 meter ditempuh, para abdi dalem mendadak dikejutkan dengan penemuan kerangka manusia di salah satu sudut antara semak belukar dan jalan setapak. Tepatnya, pada bekas aliran air hujan.

“Awalnya kelihatan tulang betis kaki kanan kerangka manusia. Habis itu kita bersihkan semak-semaknya terlihat bagian tengkorak,” imbuh Riris.

Penemuan ini, lanjut dia, kemudian diteruskan kepada anggota Polsek Cangkringan yang menunggu rombongan labuhan di pertigaan Tugu Rudal.

“Setelah koordinasi, kemudian kita evakuasi (kerangka) ke bawah,” tutup Riris.

Dilansir CNNIndonesia Kapolsek Cangkringan AKP Nidia Ratih membenarkan penemuan kerangka manusia oleh para abdi dalem tersebut. Saat ini temuan itu telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Kalasan, Sleman.

“Untuk diotopsi guna mengungkap identitasnya,” ucap Nidia.(bas)