Kena Perangkap, Harimau Viral di Jalanan Sumbar Tertangkap

67

Beritaindonesiasatu, Solok – Harimau yang sempat menghebohkan karena nongkrong di pinggir jalan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) tertangkap. Harimau itu ditangkap setelah masuk ke dalam perangkap.

“Iya, seekor,” ujar Kepala Seksi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Novtiwarman, saat dimintai konfimasi, Minggu (6/12/2020).

Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae itu sebelumnya terlihat di pinggir Jalan Raya Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Tertangkapnya harimau menyedot perhatian warga yang mendatangi lokasi untuk melihat langsung harimau itu.

Satwa dilindungi itu muncul beberapa kali di pemukiman warga. Jumlahnya diperkirakan ada dua ekor. Yang menghebohkan, harimau sempat muncul dan nongkrong di jalanan. Videonya viral di media sosial.

Camat Danau Kembar Solok, Eka Putra memastikan harimau yang muncul tersebut bukan satu, melainkan dua ekor. Harimau pertama kali muncul di Jorong Lurah Ingu, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek. Harimau ini yang disebut Eka Putra agak besar.

“Tidak sama. Harimaunya tidak sama. Yang satu agak besar, sementara yang satu lagi laporannya agak kecil,” kata Eka Putra kepada detikcom, Kamis (3/12/2020) lalu.

Dalam rekaman video yang dilihat detikcom, harimau terlihat mendekati kendaraan yang hendak melintas. Tak sekedar melintas, si raja rimba juga sempat ngaso di tengah jalan.

“Setengah jam setelah kemunculan harimau pertama, kami juga menerima laporan dari warga yang tinggal di Jorong Rawang Gadang bahwa ada harimau juga yang muncul. Lokasinya itu sekitar dua kilometer dari lokasi awal,” katanya.(dtc/bas)