Kapolri Listya Dilantik Rabu 27 Januari

59

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1). “Iya,” katanya Minggu (24/1).

Listyo nantinya akan dilantik sebagai Kapolri pengganti Idham Azis oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Setelah resmi dilantik jenderal yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu akan berbintang empat.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui pengangkatan Listyo sebagai Kapolri. Ia juga telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada Rabu (20/1) lalu.

Listyo sendiri merupakan calon tunggal yang diajukan Jokowi untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR RI. Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengajukan lima nama, termasuk Listyo kepada Jokowi. Listyo sendiri kala itu diketahui sebagai yang paling muda dibanding empat lainnya.

Jokowi harus melantik pimpinan baru Polri, karena Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memasuki masa pensiun per 1 Februari 2021.

Menanti pelantikan Listyo tersebut, Indonesia Police Watch (IPW) memprediksi akan ada mutasi besar-besaran yang dilakukan setelah ada penjabat kapolri baru. Sejumlah nama pun mulai diisukan akan mengisi kursi kabareskrim.

Ketua Presidium IPW NEta S Pane menyebut posisi tersebut kemungkinan diisi oleh Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Nico Afinta, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri atau Wakabareskrim Inspektur Jenderal Wahyu Hadiningrat.

Namun, Argo mengatakan kewenangan memilih pengganti kursi Kabareskrim berada di tangan Listyo.

“Itu kewenangan kapolri. Sementara kan ada Wakabareskrim. Tetap jalan juga [organisasi bareksrim],” tuturnya.(cnn/bas)