JK: Kalau Kita 100 Ribu Vaksin Covid-19 Sehari Seperti AS, 3-4 Tahun Baru Selesai

35

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap saat ini akar dari berbagai masalah yang dihadapi bangsa adalah pandemi Covid-19. Menurutnya, vaksinasi nasional menjadi satu dari sejumlah cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Jusuf Kalla mengingatkan pemerintah soal waktu menjalankan vaksinasi. Berkaca dari Amerika Serikat (AS) yang telah melakukan vaksinasi, negara itu hanya mampu melakukan vaksinasi 600 ribu orang per minggu.

“Amerika baru saja memulai vaksin, dalam seminggu hanya sanggupnya 600 ribu. Berarti sehari hanya sanggup 100 ribu vaksin,” kata Jusuf Kalla dalam acara Webinar Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Senin (28/12).

Jika mengacu pada tempo vaksinasi di AS, menurut JK, Indonesia baru bisa memvaksinasi 70 persen penduduknya dalam waktu tiga atau empat tahun.

“Kalau hanya bisa 100 ribu kemampuannya sehari seperti di Amerika, maka itu butuh 3-4 tahun baru selesai. Karena itu vaksinasi kita harus lebih cepat dan lebih banyak. Kalau kita bicara masalah strategis, inilah masalah strategis yang paling penting ke depan untuk mengurangi masalah ekonomi,” ucap dia.

Menurut Jusuf Kalla, jika tempo waktunya ingin dipercepat maka pemerintah harus menargetkan vaksinasi paling tidak 500 ribu sehari. Angka ini dapat mempercepat vaksinasi nasional selama dua tahun.

“Kalau 500 ribu sehari kita ya butuh dua tahun. Jadi masih sampai tahun depan (2022) mesti bekerja keras untuk itu,” katanya.(mrdk/bas)