Jalur Medan – Berastagi Dihiasi 20 Titik Longsor

85

Beritaindonesiasatu, Sibolangit – Jalur lintas dari Kota Medan menuju Kabupaten Karo, lumpuh total.

Kondisi ini dikarenakan adanya titik longsor di sejumlah lokasi, mulai dari Sembahe hingga Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Informasi yang didapat, di jalur ini titik yang mendalami longsor sebanyak 20 titik. Hingga saat ini Jumat (4/12/2020), jalur utama dari Kota Medan menuju Kabupaten Karo dan wilayah lainnya ini masih belum dapat dilalui secara normal.

Dari peristiwa longsor ini, diketahui juga sempat memakan korban. Di mana, satu unit truk yang sedang melintas di titik longsor ini sempat tertimpa material longsor berupa tanah dan kayu.

“Di kawasan rambung baru ada longsoran, di sana ada truk yang tertimpa oleh kayu dan satu korban meninggal dunia,” ujar Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar.

Sonny menjelaskan, saat ini korban yang merupakan pengendara truk tersebut telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit.

Dirinya mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan proses normalisasi dengan menggunakan truk dan alat berat serta dibantu oleh warga sekitar secara manual.

Lebih lanjut, dikatakannya sampai saat ini mulai dari wilayah di atas Sembahe hingga ke tikungan PDAM Tirtanadi hampir seluruh titiknya mengalami longsor. Kurang lebih titik longsor sebanyak 20 titik.

“Untuk di jalur Sembahe, tepatnya di atas Sembahe hingga ke tikungan Tirtanadi hampir seluruhnya mengalami longsor. Dan jalur sudah tidak bisa dilalui lagi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pengendara yang akan menuju Kabupaten Karo ataupun sebaliknya agar mencari jalur alternatif. (trb/bas)