Jalan Rusak di Medan akan Siap Dua Tahun, Dinas PU Medan Minta Bantuan

30

Beritaindonesiasatu.com, Medan – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan akan mengoptimalkan anggaran Rp 100 miliar yang telah dialokasikan tahun ini untuk peningkatan kualitas infrastruktur yang dicanangkan oleh Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution. Selasa (2/3/2021).

Kepala Dinas PU Medan, Zulfansyah Ali Syahputra mengatakan pihaknya akan membuat skala prioritas dalam perbaikan jalan akan bisa selesai sesuai dengan yang ditargetkan Wali Kota.

“Anggaran tahun ini yang tersedia untuk infrastruktur jalan Rp 100 miliar. Kami akan gunakan secara optimal dengan membuat skala prioritas, kawasan mana yang lebih dahulu diperbaiki,” ujar Kepala Dinas PU Medan, Zulfansyah Ali Saputra,

Selain memaksimalkan alokasi anggaran yang ada di APBD, terang Zulfansyah, pihaknya juga akan berupaya agar anggaran infrastruktur baik dari Provinsi Sumut dan Kementerian PU dapat diarahkan ke Medan.

“Tahun ini anggaran terbatas. Untuk tahun depan akan dioptimalkan untuk mendapat bantuan anggaran dari provinsi dan kementrian, jadi penanganan jalan berlubang bisa maksimal,” katanya.

Dikatakannya, sebagai solusi agar jalan Kota Medan bebas lubang dalam dua tahun ke depan, tergantung upaya lobi ke Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus atau DAK.

“Usulan tahun depan DAK (Dana Alokasi Khusus), APBN murni nanti kementrian yang melaksanakan, walaupun status jalan kota, bisa juga DAK ditingkatkan, banyak opsi tergantung lobi ke pusat,” jelasnya.

Zulfansyah mengaku dirinya sudah mendapat arahan langsung dari Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution. Di mana, pada pertemuan bersama camat, Bobby Nasution mencanangkan dalam dua tahun persoalan infrastruktur tuntas.

Dilansir tribun penggunaan anggaran harus benar-benar difokuskan agar permasalahan jalan rusak dapat selesai dalam waktu dua tahun.

“Jadi soal infrastruktur, kemarin rapat bersama Camat se Kota Medan akhir pekan kemarin. Dalam rapat itu Pak Wali mengatakan dalam dua tahun ke depan jangan ada lagi lubang-lubang di jalan dengan memprogramkan semua jaringan jalan yang rusak harus diperbaiki dengan berpedoman dengan anggaran tersedia,” ungkapnya.

Diketahui dalam pidato perdananya, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menargetkan dalam dua tahun persoalan infrastruktur yang menjadi tanggungjawab Pemko Medan dapat teratasi. Terutama mengenai permasalahan jalan rusak dan berlubang di Kota Medan.(trb/bas)