Importir Tesla Gandeng Renault Indonesia untuk Perluas Pasar

52

Beritaindonesia, Jakarta– Importir umum (IU) Prestige Motorcars yang dikenal sebagai pengimpor merek mobil listrik Tesla di Indonesia mengumumkan berkolaborasi dengan Maxindo Renault Indonesia (MRI), selaku distributor mobil-mobil Renault. Senin (7/12/2020)

Persetujuan kolaborasi sudah dilakukan kedua belah pihak beberapa waktu lalu, sedangkan bentuk realisasi kerja sama terwujud melalui pembelian sebagian kepemilikan saham MRI pada. Tak disebutkan jumlah saham MRI yang diakuisisi Prestige Motorcars.

Kolaborasi diharapkan dapat memperluas jangkauan Prestige untuk menggarap pasar yang lebih besar khususnya segmen mobil penumpang di Indonesia. Selama ini diketahui Prestige hanya menjual mobil premium seperti Tesla, Ferrari, Lamborghini, hingga Mc Laren.

Dikatakan Andrew Limbert selaku Chief Executive Officer MRI, aliansi merumuskan beberapa perubahan strategi dalam bisnis Renault.

Misalnya akan fokus terhadap varian mobil listrik Renault di Indonesia, peningkatan 3S, dan platform Renault Used Car. Kemudian menargetkan peningkatan penjualan di pangsa pasar kelas menengah dan milenial, serta meningkatkan Customer Experience dan mutu After sales.

Peningkatan lain yang ditargetkan yakni jumlah dealer dari 19 outlet tahun ini menjadi 35 dealer 2021. Ditargetkan juga ada peningkatan traffic digital dengan melakukan penjualan secara online.

“Saya berharap dengan bergabungnya Prestige Motorcars di dalam MRI mampu menambahkan pengalaman dan warna yang berbeda kepada masyarakat Indonesia dalam memilih mobil idamannya, baik untuk personal maupun untuk keluarga,” kata Andrew.

Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim optimistis dengan kolaborasi tersebut.

“Dengan reputasi kami yang baik di dunia otomotif di Indonesia, saya yakin aliansi strategis ini akan menghasilkan keuntungan untuk Renault di Indonesia. Ke depannya kami akan melakukan penetrasi secara masif di pasar Indonesia, engage dengan kelas menengah dan milenial, serta memberikan experience selayaknya konsumen luxury premium car.

Kami juga akan sangat serius menggarap pasar mobil listrik Renault di Indonesia,” ucap Rudy dalam keterangan resmi dikutip, Senin (7/11).(cnn/bas)