Hujan Gunung, Warga Medan Waspadai Potensi Banjir

70

Beritaindonesiasatu, Medan – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Sumatera akan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah lereng timur, lereng barat, dan pegunungan pada sore – malam hari yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG Medan, Jumat, pada siang hari sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang.

Sejumlah wilayah tersebut yakni Kabupaten Karo, Deli Serdang, Simalungun, Langkat, Samosir, Toba, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Sementara sore hingga malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Asahan, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Madina, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Suhu udara udara berkisar antara 17.0 hingga 32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Timur Laut – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 20 km/jam.

Sementara gelombang laut di
Selat Malaka Bagian Utara diperkirakan cukup tinggi mencapai 2.5 – 4.0 meter.

Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang- Banda Aceh, Perairan Lhokseumawe, Selat Malaka Bagian Tengah, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh – Sinabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Nias masuk kategori sedang 1,25 – 2,5 meter.(ant/bas)