Harimau Terkam 5 Ekor Sapi di Bahorok

76

Beritaindonesiasatu, Langkat – Konflik Harimau Sumatera masih berlanjut di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, lima ekor sapi milik warga Dusun Batu Katak Kecamatan Bahorok diterkam Harimau. Lokasi ini hanya berjarak lima kilometer dari kejadian sebelumnya dengan korban dua ekor sapi. Selasa (12/1/2021).

Lima ekor sapi ditemukan dalam keadaan mati dan sebagian tidak utuh pada senin kemarin, lima ekor sapi milik warga ini diduga dimangsa oleh Harimau Sumatera yang sama dengan dua kejadian sebelumnya.

Kondisi ini sebelumnya sudah diketahui dengan adanya jejak dan hasil kamera trap tim petugas balai besar konservasi sumber daya alam (BBKSDA) Sumut.

“Harimau yang memangsa ini masih harimau yang sama dengan yang sebelumnya, BBKSDA telah memetakan ada tiga Kecamatan yang berkonflik dengan harimau, dimana ketiganya berbatasan langsung dengan taman nasional gunung Leuser,” ujar Kepala BBKSDA Hotmauli Sianturi.

Hotma juga menyampaikan ternak-ternak yang diterkam harimau tersebut ternyata masih berada dalam kawasan habitat asli harimau yang telah berubah menjadi kebun hutan produksi terbatas.

Kini petugas terus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mengubah pola beternak dengan tidak meninggalkan hewan di hutan dan diikat di batang pohon. Serta menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dimalam hari. (bas)