Harimau di Sibayak, Tim Gabungan Periksa Hasil Pantauan CCTV

102

Beritaindonesiasatu, Karo – Tim BBKSDA Sumut periksa tiga kamera pengintai yang selama satu bulan terakhir dibpasang di sekitar gunung Sibayak Karo Sumatera Utara.

Proses pengambilan kamera ini, dilakukan oleh tim dari Wildlife Conservation Society (WCS) Medan, didampingi oleh pihak dari Balai Besar Kelestarian Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Sumatera Utara, dan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan.

Kamera trap ini dipasang untuk memastikan apakah di hutan yang masuk ke dalam kawasan Tahura itu benar menjadi perlintasan harimau Sumatera.

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah I Sidikalang Tuahman Tarigan menyampaikan untuk jadwal penempatan kamera tersebut dilakukan selama satu bulan. Karena berdasarkan laporan pergerakan harimau tersebut tercatat dalam rentan waktu satu bulan.

“antara satu laporan dengan lainnya itu berjarak satu bulan. Makanya, bulan kemarin kita pasang, dan baru hari ini kita ambil,” ujar Tuahman, saat ditemui di kawasan hutan Sibayak, Kecamatan Merdeka, Kamis (12/11/2020).

Sebelumnya pihak dari Tahura dan BBKSDA mendapatkan laporan adanya pergerakan harimau dari beberapa orang yang sempat melihat hewan dengan nama latin panthera tigris sumatrae ini.(bas)