Hari Ketiga Pencarian, Masih Fokus Tim SAR Cari Korban Sriwijaya SJ182

24

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Basarnas melanjutkan pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak. Hari ketiga proses evakuasi, pencarian tetap dilakukan melalui udara, permukaan laut hingga ke dasar laut, Senin (11/1).

Direktur Operasi Basarnas Brigadir Jendral (Mar) Razman mengatakan, unsur laut, ini menjadi ujung tombak untuk melakukan kegiatan. Pencarian kemarin, fokus ke area yang sempit. Hari ini, akan diperluas.

“Kalau yang kemarin masih sekitar 30-an kapal (yang terlibat), sekarang ini hari ini kurang lebih 53 kapal yang akan terlibat langsung untuk pencarian dan pertolongan. Tentu punya spesifikasi tersendiri yang kita atur semuanya. Untuk pencarian tetap semua apa saja yang bisa kita ambil, pecahan, korban dan sebagainya kita upayakan,” jelas Razman di Posko JICT, Jakarta.

Tim SAR juga melibatkan banyak penyelam profesional untuk membantu pencarian korban serta puing pesawat. Konsentrasi akan dilakukan di pencarian dasar laut.

“Jadi kita konsentrasi di bawah air. Namun demikian, di atas permukaan juga kita fokuskan. Oleh karena itu, di sekitar pantai yang kemungkinan ada arus gelombang dan sebagainya yang bergeser ke arah pantai. Oleh karena itu wilayah pencarian semakin kita perluas,” tambah dia.

Ada sekitar 2.600 personel yang terlibat dalam proses pencarian hari ini. Di laut, ada 53 kapal, di udara menggunakan 13 helikopter yang siap dioperasionalkan.

“Untuk darat khususnya ambulans, kita masih ada 12. Saya kira hari pertama maupu kedua, tidak ada masalah dari barang bukti yang diserahkan dari kita bisa didistribusikan dengan baik,” jelas dia.

“Kemarin kita bagi empat sektor, hari ini menjadi enam sektor,” tutup Razman.(mrdk/bas)