Golkar akan Pimpin Koalisi Besar pada 2024

41

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan keinginan agar partainya memimpin koalisi besar pada 2024. Dia mengibaratkan Golkar bagaikan gula yang mengundang kedatangan semut.

Selain itu Airlangga juga menyebut Golkar sebagai salah satu partai yang disegani.

“Kita tentu perlu membaca situasi, memilih dan memilah agar pada ujungnya kekuatan beringin akan memimpin koalisi besar yang tangguh,” kata Airlangga saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (5/3).

Airlangga mengajak para kader untuk mulai memikirkan langkah strategis untuk partai hingga 2024. Meski terbilang masih jauh, ia menyebut waktu berjalan cepat.

Menurut Airlangga, sebagai salah kekuatan politik terbesar, sikap partai Golkar akan sangat berpengaruh pada konstelasi politik nasional. Meski begitu, ia tak ingin kekuatan politik partainya hanya menciptakan ‘angin ribut’ yang justru menyulitkan.

Sebaliknya, Airlangga ingin kekuatan politik Golkar menciptakan ‘angin buritan’ yang dapat mendorong partai bergerak cepat.

“Sekali lagi bukan angin ribut yang menyulitkan kita, tapi justru angin buritan yang mendorong agar perjalanan kapal besar Golkar semakin laju, cepat, dan semakin lancar,” kata dia menganalogikan.

Airlangga bertekad kelak partainya tak sekadar menjadi peserta pemilu. Ia ingin partai Golkar mendulang sukses pada 2024, baik di Pileg, Pilpres, dan Pilkada.

Pada Pilkada 2020 lalu, Airlangga mengklaim Partai Golkar menjadi partai yang paling sukses dan mendulang kemenangan paling banyak. Oleh sebab itu, ia pun mengungkapkan keinginannya agar kemenangan tersebut diikuti dalam Pemilu serentak pada 2024 mendatang.

“Dengan ini kita harus berkata, bahwa jika Pilkada kemarin (2020) kita bisa keluar sebagai pemenang terbesar,” tutur dia lagi.

Airlangga pun mengajak para kader untuk bergerak secara taktis dengan menimbang ekosistem politik nasional saat ini. Ia meminta kader Golkar memiliki ‘penciuman’ yang tajam tapi juga sekaligus kearifan dalam setiap pengambilan keputusan politik.

“Saya yakin Bapak-Ibu sudah memikirkan faktor-faktor seperti itu. Karena itu sepanjang kita sudah harus bergerak cepat dengan langkah konsolidasi peningkatan militansi kader, serta sosialisi secara sosialisasi scara sistematis hingga ke akar rumput masyarakat,” tukas Airlangga.(cnn/bas)