Gerhana Bulan Penumbra, Bisa Disaksikan Sore Ini

60

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Fenomena gerhana bulan penumbra bakal dapat disaksikan dari Indonesia. Fenomena gerhana bulan penumbra akan terjadi sore ini, sekitar pukul 16:00 WIB.

“Gerhana bulan penumbra parsial dimulai sejak pukul 14:29:56 WIB hingga pukul 18:55:48 WIB selama 4 jam 25 menit 52 detik. Puncak gerhana terjadi pada pukul 16:42:49,” kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui akun Instagram @lapan_ri.

Adapun wilayah-wilayah yang bisa menyaksikan seluruh fase gerhana bulan penumbra, mulai dari kontak awal, puncak gerhana, hingga kontak akhir adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, dan Timor Leste.

Selain itu, fenomena gerhana bulan penumbra juga bisa disaksikan dari wilayah Indonesia lainnya. Namun hanya dapat disaksikan sisanya saja.

“Sementara wilayah Indonesia sisanya hanya dapat menyaksikan bulan yang sudah tidak tertutup bayangan penumbra secara maksimal karena puncak gerhana terjadi sebelum Bulan terbit,” tulis LAPAN.

“Secara umum, gerhana bulan penumbra parsial dapat diamati dari arah timur-timur laut,” lanjutnya.

Untuk diketahui, gerhana bulan penumbra terjadi ketika posisi bulan-matahari-bumi tidak sejajar. Posisi ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya ketika proses gerhana berjalan, bulan akan tampak lebih redup dari saat purnama.
(dtc/bas)