Gempa Turki 24 Orang Tewas, 804 Luka-luka

112

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Korban jiwa akibat gempa Magnitudo (M) 7 di Turki telah bertambah menjadi 24 orang. Setidaknya 804 orang lainnya luka-luka akibat gempa M 7 yang mengguncang Izmir di Laut Aegea, Turki tersebut.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan seperti dilansir Anadolu Agency, Sabtu (31/10/2020), sebanyak 435 orang saat ini menerima perawatan di rumah sakit, sementara 25 orang dalam perawatan intensif dan sembilan orang sedang menjalani operasi.

Dia juga mengatakan 364 telah dipulangkan dari rumah sakit, setelah mendapat perawatan.

Setidaknya 296 gempa susulan, dengan 27 gempa lebih kuat dari M 4 telah terjadi

Operasi pencarian dan penyelamatan telah diselesaikan di delapan gedung di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki berdasarkan populasi. Sementara operasi pencarian masih terus dilakukan di sembilan gedung lainnya yang runtuh diguncang gempa. Demikian disampaikan Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Murat Kurum, yang mengatakan pekerjaan penilaian kerusakan telah dimulai di gedung-gedung publik.

Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan gempa tersebut memicu tsunami sebagian di distrik pesisir Seferihisar, yang menyebabkan sedikitnya satu orang terluka.

Lebih dari 475 kendaraan dan hampir 4.000 petugas penyelamat, bersama dengan 20 anjing pelacak, dikirim ke tempat kejadian. (dtc/bas)