Gawat, Dua dari 85 Warga China Masuk RI Ternyata Positif Covid 19

39

Beritaindonesiasatu.com, Jakarta – Sebanyak dua orang dari rombongan 85 Warga Negara (WN) China yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten pada Selasa (4/5) lalu dinyatakan positif terpapar virus corona (covid-19). Jumlah itu bertambah dari sebelumnya hanya satu orang positif Covid-19.

Mereka yakni WN China berinisial HLY yang merupakan pria berusia 66 tahun, dan HJJ, yang merupakan pria berusia 31 tahun. Keduanya dinyatakan covid-19 usai menjalani tes PCR swab pertama, sesaat setelah mereka tiba di Indonesia.

“Bertambah ya, saat ini terdapat dua orang positif covid-19 tanpa gejala,” kata Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia Jumat (7/5).

HLY yang semula dikarantina di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Barat serta HJJ yang sebelumnya dikarantina di HARRIS Suites Puri Mansion, Jakarta Barat. Kini seluruhnya diboyong ke Hotel Hariston, Jakarta Utara, untuk mendapat perawatan dan isolasi.

Benget sekaligus menginformasikan Cycle Threshold (CT) HLY sebanyak 28,51 persen, sementara HJJ 33,6 persen. Adapun menurutnya WNA yang hasil nilai CT di bawah 30 persen, maka sampelnya akan dilanjutkan untuk pemeriksaan metode pencarian strain virus baru Whole Genome Sequence (WGS).

“Sudah diisolasi dan di bawah pengawasan tim kesehatan dari Satgas Kemenkes,” kata dia.

Untuk 83 WN China dan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang tiba di Indonesia dengan pesawat charter China Southern Airlines nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen itu sementara ini dinyatakan negatif covid-19.

Para WN China yang negatif covid-19 pada tes PCR swab pertama saat ini masih menjalani masa karantina selama lima hari di 10 hotel Jakarta yang direkomendasikan Satgas Covid-19. Sementara tiga WNI lainnya menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

“Mereka datang dari Shenzhen, bukan Wuhan,” jelas Benget.

Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia sebelumnya mengonfirmasi puluhan orang yang merupakan WN China dan WNI dari Shenzhen tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten pada Selasa (4/5) lalu.

Seperti diberitakan CNNIndonesia, Kedatangan puluhan WN China itu diklaim telah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan juga sesuai dengan aturan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).(bas)