Gawat, 550 Penumpang Rapid Test Antigen di Stasiun Senen, 5 Positif

58

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Sebanyak 550 penumpang menjalani pemeriksaan rapid test antigen sebagai syarat bepergian jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, hingga Senin (21/12) sore. Lima orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan penumpang yang melakukan rapid test antigen hari ini umumnya menyiapkan untuk keberangkatan besok.
Lihat juga: Stasiun Pasar Senen Wajibkan Rapid Test Antigen Mulai Besok

“Hari ini sampai sore ada lebih kurang 550 calon penumpang yang melakukan pemeriksaan. Pantauan dari petugas, dari 550 itu yang hasilnya positif lima orang,” kata Joni di Stasiun Pasar Senen.

Joni mengatakan calon penumpang yang mendapatkan hasil positif itu langsung diarahkan petugas menuju rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ia menjelaskan bahwa rapid test antigen hanya menjadi proses screening awal.

“Tiket mereka dikembalikan kalau sudah memiliki tiket. Harganya kita kembalikan 100 persen,” kata dia.

PT KAI sebelumnya

sebagai syarat untuk naik Kereta Api mulai 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

Seiring peraturan itu, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan rapid test antigen di sembilan stasiun, salah satunya adalah Stasiun Pasar Senen.

Untuk di Stasiun Pasar Senen, Joni menjelaskan pemeriksaan rapid test antigen bagi calon penumpang kereta api jarak jauh dibuka sejak pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Ia mengimbau agar calon penumpang datang pada H-1 untuk menghindari antrean di stasiun.

“Sediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan rapid antigen kalau mau di stasiun. Kalau mau di luar juga silakan,” ujar Joni.(cnn/bas)