Di RS Siloam Ada Tes SWAB Cepat, Hasilnya Hitungan Menit

93

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Sekarang ada tes SWAB ‘ngebut’ yang hasilnya keluar hanya dalam hitungan menit. Cepat sih boleh, tapi akurat nggak?

Tes SWAB yang ngebut ini disediakan oleh Siloam Hospitals, yaitu tes molekuler isotermal pertama di Indonesia. Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi COVID-19 dengan performa tinggi.

Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, di mana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95,0% dan spesifisitas 97,9%.

Menurut Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, emiten berkode SILO untuk punya banyak tes terkait COVID-19 mulai dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal).

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama.,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Pada kesempatan yang sama, pakar patologi klinis Universitas Indonesia (UI) Prof. Siti Boedina menyatakan tes PCR terbagi dua, yakni tes molekuler isotermal dan RT-PCR. RT-PCR mendeteksi protein virus. Secara umum, dua-duanya mendeteksi materi virus.

“Tes ini (tes molekuler isotermal) mendeteksi DNA virus,” papar Siti.

“Untuk tes molekuler isotermal, alatnya simpel dan bisa dibawa ke mana-mana. Pemeriksaannya juga tak butuh proses lama. Hanya sekitar 30 menit, sudah ada hasil yang bisa dijadikan pegangan soal kondisi kesehatan seseorang”, tambah Siti.

Tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group mulai dari Rp 999.000 (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja.(dtc/bas)