Di Palas Warga Mengeluh, 2 Bulan Perekaman KTP Terhenti

68

Beritaindonesiasatu, Sibuhuan – Sudah 2 bulan perekaman KTP Elektronik di Padanglawas (Palas) terhenti. Warga yang hendak mengurus KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengeluh akibat tidak adanya pelaksanaan perekaman. Kamis (15/10/2020).

Tidak hanya perekaman KTP, termasuk pengurusan akte kematian dan urusan mutasi alamat KTP juga tidak jalan. Anehnya lagi saat ada warga yang datang mau mengurus KTP ke Kantor Dinas Kependudukan.

“Sama saja, di kantor camat juga tidak bisa perekaman kalau server di Dinas Kependudukan belum beres, makanya kita heran warga disuruh datang ke kantor camat, padahal pusatnya di Kantor Dinas Kependudukan,” ungkap seorang pegawai Kantor Camat Kecamatan Barumun, Kamis (15/10).

M Hasibuan, seorang warga Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, mengaku, sudah hampir 1 bulan terkendala mengurus akta kematian di Dinas Kependudukan. Alasannya selalu server rusak.

“Sudah hampir satu bulan mau mengurus akta kematian orangtua saya, tapi tidak bisa, karena alasan petugasnya server lagi rusak,” ungkapnya.

Dilansir analisadaily Sejumlah petugas honorer di Kantor Dinas Kependudukan bertugas di bagian depan pintu masuk saat dijumpai mengaku perekaman KTP Elektronik sudah 2 bulan tidak jalan.

“Sejak Agustus server rusak, makanya belum bisa perekaman KTP,” ungkap petugas di Dinas Kependudukan tersebut.

Ia mengatakan, dalam minggu ini perekaman KTP Elektronik kemungkinan sudah mulai aktif. Karena servernya sudah selesai diperbaiki.

“Untuk saat ini selain KTP seperti KK sudah bisa, tapi kalau KTP mungkin dalam minggu ini baru bisa,” katanya.(anl/bas)