Di Makasar Banjir Rendam Perumnas Antang Makassar, 283 Warga Mengungsi

51

Beritaindonesiasatu.com, Makassar – Banjir kembali merendam ratusan rumah warga di Perumahan Nasional (Perumnas) Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Banjir ini terjadi sejak kemarin malam. Dari pantauan detik, lokasi yang terdampak banjir parah adalah Blok 8 dan 10 Perumnas Antang. Banjir setinggi 100-150 cm sempat merendam rumah warga, bahkan tak sedikit rumah warga yang nyaris terendam hingga atap rumahnya.

Sejumlah warga dievakuasi oleh tim BPBD dan Basarnas Kota Makassar menggunakan perahu karet. Warga pun berharap air segera surut dan mereka bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

“Ini naiknya air sejak Magrib kemarin. Jadi menyelamatkan barang, diangkat sama tetangga, dibantu. Iya saya jam jam 9 jam 10 malam kabur dari rumah karena sudah tinggi memang. Ketinggiannya sudah sepinggang orang dewasa,” kata seorang warga Manggala Makassar, Setia Juwita, Kamis (11/3/2021).

Setia mengeluhkan sejumlah barang berharga miliknya nyaris rusak akibat banjir. Dia mengatakan ini sudah ketiga kalinya dalam setahun rumahnya kebanjiran.

“Ini karena sudah 1 tahun ini tiga kali, berdekatan banjir sekali dalam satu tahun. Jadi bagaimana aku mau, kita mau minta gini karena kan kita rugi juga hanyut barang-barang, capek juga membersihkan segala macam, rumah juga rusak jadi ya,” jelasnya.

Banjir rendam Perumnas Antang Makassar (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)Banjir merendam Perumnas Antang, Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Sementara itu, Kepala BPBD Kota Makassar Muhammad Rusli mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel dalam penanganan banjir. Petugas BPBD bersiaga 24 jam menerima laporan banjir di Makassar.

“Jadi begini, ini kan sudah bagian dari rutinitas kita di BPBD. Setiap ada informasi bencana, memang sudah ada yang langsung, kita terus kita yang memang langsung ke lapangan,” kata Rusli.

Rusli menyebut kini ketinggian air sudah mulai surut. Ketinggian air, menurut Rusli, antara 30-50 di cm.

“Sampai saat ini, saya dapatkan kan kemarin itu 50 cm sampai 1 meter, dan sekarang kondisinya ini sudah menurun sekitar 30-50 cm. Ini secara keseluruhan karena saya sendiri sudah keliling,” paparnya.

Ia menyebut hingga saat ini ada 283 jiwa warga menjadi korban banjir di Blok 8 dan 10 Perumnas, Antang, Manggala, Kota Makassar. Mereka kini menempati posko di sejumlah masjid di wilayah tersebut. (dtc/bas)