Di Jateng 5 Daerah Jadi Prioritas Vaksinasi

57

Beritaindonesiasatu, Yogyakarta – Tiga daerah di Jawa Tengah dan dua daerah di Yogyakarta mendapatkan prioritas pertama vaksinasi Corona tahap pertama. Pemerintah daerah setempat mempunyai pertimbangannya masing-masing.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan untuk tahap pertama vaksinasi di daerahnya, distribusi akan dilakukan ke Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

“Pak Kadinkes sudah siapin proses vaksinasi, yang untuk pertama kali nanti mau dilakukan di Kota Semarang, Kota Solo dan Kabupaten Semarang. Itu di tahap pertama di tanggal 14,” kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, usai menghadiri acara Sosialisasi Pemberian Vaksin COVID-19 Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSUD Tugurejo, Semarang, Selasa (12/1/2021).

Menurut Ganjar, distribusi baru dilakukan di tiga daerah tersebut karena memang vaksin yang diperoleh masih terbatas. Prioritas vaksinasi saat ini masih tenaga medis.

“Vaksin diprioritaskan di tiga daerah karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta (Solo) dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus,” kata Ganjar saat ditemui di kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa (12/1/2021).

“Maka dengan hari pertama insyaallah besok di tanggal 14 kita mulai maka kita akan berikan nakes di situ dulu,” sambungnya.

Untuk diketahui, sebanyak 62.560 dosis vaksin Corona Sinovac telah tiba di Jateng. Saat ini vaksin COVID-19 itu disimpan di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi. Dari hitungannya, Ganjar menyebut akan ada 8 ribu dosis vaksin Corona lagi yang bakal dikirim untuk tenaga kesehatan (nakes) di daerah lain di Jawa Tengah.

“Itu nanti hitungan kita masih ada sekitar 8 ribuan. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan, misal setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan,” ujarnya.
Baca juga:
Solo dan Semarang Prioritas Dapat Vaksin COVID-19 Pertama, Kenapa?

Sementara itu Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut dari 26.800 dosis vaksin yang diterima, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman menjadi dua wilayah yang diprioritaskan menerima vaksin COVID-19 atau vaksin Corona. Pertimbangan itu merujuk keputusan Kemenkes RI.

“Tahap 1 termin 1 untuk Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (9.728 dosis) dan Dinas Kesehatan Sleman (12.342 dosis),” kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

“Distribusi ke Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman rencana akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2021,” imbuhnya.
Baca juga:
Pakar Ungkap Untungnya Pegiat Ekonomi Divaksin Corona Setelah Nakes

Untuk tiga kabupaten lain, pendistribusian dilakukan setelah mendapatkan dropping tahap 1 termin 2 dari Bio Farma. Berty menyebut Pemda DIY hanya sebagai pelaksana saja, sedangkan pertimbangan berasal dari Kemenkes RI.

“DIY (pelaksanaan vaksinasi) tanggal 14 seperti keterangan Bu Kadis (Kepala Dinkes DIY) kemarin. Kalau Kota Yogya dan Sleman, rencana tanggal 14 atau 15 (Januari). Kabupaten lain ditunda, sampai ada arahan berikutnya dari Kemenkes,” ujarnya.(dtc/bas)