Calon Kaporli, Komjen LSP Diuji DPR Pekan Depan

75

Beritaindonesiasatu, Jakarta – Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) akan memasuki tahap uji dalam proses penunjukan sebagai calon Kapolri tunggal. Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengungkapkan Komjen Listyo Sigit akan menjalani pembuatan makalah, kemudian fit and proper test.

Awalnya, Herman Hery menyebut akan menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Kompolnas dan PPATK. RDPU itu meminta masukan terkait pencalonan Komjen Listyo Sigit.

“Besok kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. Nah RDPU besok, kita akan mulai jam 11.00 WIB kira-kira,” kata Herman di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Pada Senin pekan depan, Komjen Listyo Sigit akan menjalani pembuatan makalah di Komisi III DPR. Hari berikutnya, tepatnya Selasa, Komjen Sigit akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan.

“Kemudian jadwal berikutnya hari Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah. 1-2 Jam pembuatan makalah itu, lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test,” ujar politikus PDIP ini.

“Fit and proper test itu akan dimulai jam 10 pagi dengan pola fit and proper test, 2×2,5 jam. Jadi jam 10.00 WIB dimulai sampai 12.30 WIB, lalu kita break, dan jam 2 (siang) dimulai lagi sampai jam setengah 5 (sore),” sambungnya.

Selanjutnya, Herman mendorong agar pada Selasa usai fit and proper test, Komisi III dapat langsung memutuskan apakah Komjen Listyo Sigit diterima atau ditolak menjadi Kapolri.

“Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya sudah bisa Komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh Presiden, itu kira-kira,” imbuhnya.(dtc/bas)